Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Kesehatan Jantung

Tidak hanya dagingnya yang lezat, salmon ternyata mengandung minyak yang baik untuk kesehatan. Minyak salmon sendiri kaya akan sumber lemak omega-3, yang meliputi asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Perpustakaan Obat-Obatan Nasional AS Institut Kesehatan Nasional, kandungan EPA dan DHA dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Misalnya, mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otak, hingga mengurangi peradangan.

Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Kesehatan Jantung
Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Kesehatan Jantung

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan secara lebih rinci manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan. Tolong dengarkan!

1. Mengurangi peradangan

Masih dalam penelitian yang sama, lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak salmon ternyata menekan respon inflamasi dalam tubuh. Dalam hal ini, minyak salmon dianggap mengurangi kadar bahan kimia pro-inflamasi yang diproduksi oleh sel-sel kekebalan tubuh.

Bahkan beberapa penelitian mengatakan, mengonsumsi suplemen omega-3 dapat membantu mengelola gejala yang berkaitan dengan kondisi peradangan tertentu; seperti radang sendi dan penyakit jantung.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Trigliserida adalah salah satu dari banyak jenis lemak yang ditemukan dalam darah. Dilaporkan, peningkatan kadar trigliserida diidentifikasi sebagai salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Kadar trigliserida sendiri dapat dikurangi dengan omega-3 yang ditemukan dalam minyak salmon.

Untuk membuktikan ini, sebuah penelitian dilakukan yang melibatkan 92 pria dengan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi. Mereka diminta mengonsumsi salmon setiap hari selama delapan minggu.

Akibatnya, para relawan mengalami penurunan trigliserida dan peningkatan kolesterol HDL yang signifikan. Dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sumber protein lain.

Hasil penelitian ini tentu membuktikan bahwa mengonsumsi minyak ikan salmon dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan konsentrasi dan komposisi lemak dalam darah.

3. Meningkatkan kesehatan otak

Anda tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan jantung, kandungan lemak omega-3 dalam minyak salmon juga dapat meningkatkan kesehatan otak.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa DHA – salah satu lemak dalam omega-3 – berperan dalam memperbaiki dan mengembangkan sel-sel saraf.

Selain itu, asupan DHA yang cukup juga sering dikaitkan dengan perkembangan penyakit Alzheimer.

4. Mempromosikan kulit dan mata yang sehat

Asupan lemak omega-3 yang cukup bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mata.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2010, lemak omega-3 berperan dalam pengembangan dan penglihatan kesehatan mata. Selain itu, asupan lemak omega-3 yang tinggi juga dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit mata; seperti glaukoma terkait usia dan degenerasi makula atau ARMD.

Adapun kesehatan kulit, ini disebabkan oleh efek anti-inflamasi yang hadir dalam kandungan lemak omega-3.

Penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi omega-3 dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi gejala yang berhubungan dengan dermatitis, dan meningkatkan penyembuhan luka.

5. Pertahankan berat badan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menambahkan lemak omega-3 (dalam minyak salmon) ke dalam program diet dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan ideal.

Studi lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat mengurangi akumulasi lemak tubuh.

Sayangnya, penelitian ini membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menilai peran minyak ikan salmon dalam obesitas dan pengendalian berat badan pada manusia.

Leave a Reply