Manfaat Kesehatan dari Minum Es Jeruk

Satu minuman yang sering diandalkan ketika cuaca panas adalah es jeruk. Rasa asam segar dengan penambahan butir jeruk, diyakini sebagai pereda haus.

Belum lagi kandungan gizinya. Seperti vitamin C untuk kalium, juga dipercaya baik untuk kesehatan.

Manfaat Kesehatan dari Minum Es Jeruk
Manfaat Kesehatan dari Minum Es Jeruk

Lalu, manfaat kesehatan apa yang bisa didapat dari minum es jeruk? Mari kita lihat informasi di bawah ini.

1. Membantu mencegah batu ginjal

Batu ginjal atau nephrolithiasis adalah pembentukan bahan seperti batuan keras yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran kemih, mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, hingga uretra.

Menurut hasil penelitian Universitas Zurich, es jeruk dapat meningkatkan pH atau kadar urin dan menjadikannya basa. Lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa pH urin yang lebih tinggi dapat membantu mencegah batu ginjal.

Bahkan, penelitian ini juga mengklaim bahwa jus jeruk lebih efektif daripada limun untuk mengurangi beberapa risiko batu ginjal.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa minum jus jeruk dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Seperti tekanan darah dan kolesterol tinggi.

Misalnya, sebuah penelitian melibatkan 129 orang. Mereka diminta mengonsumsi es jeruk untuk waktu yang lama. Akibatnya, kadar kolesterol “jahat” atau kolesterol LDL turun drastis.

Tidak hanya itu, es jeruk juga terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Mengurangi peradangan

Peradangan adalah respons kekebalan yang dirancang untuk melindungi dari penyakit dan infeksi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa es jeruk dapat mengurangi peradangan, karena sifat anti-peradangan yang ada di dalamnya. Anti-inflamasi dikatakan mengurangi kadar penanda inflamasi spesifik yang terkait dengan penyakit kronis.

4. Tinggi antioksidan

Bukan rahasia lagi kalau es jeruk mengandung antioksidan yang sangat tinggi.

Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Biomedical Science, menyebutkan bahwa antioksidan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari kondisi kronis. Seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Leave a Reply