Meski Bau, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Jengkol untuk Kesehatan Tidak Terduga

Jengkol adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Cocok untuk diolah dan dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lainnya membuat jengkol tidak sering menjadi makanan utama di rumah.

Tetapi banyak juga yang tidak suka jengkol, terutama karena efek bau setelah makan. Seringkali setelah makan mulut jengkol berbau dan ketika buang air kecil juga berbau jengkol. Inilah yang menyebabkan sebagian orang tidak menyukainya.

6 Manfaat Luar Biasa Jengkol untuk Kesehatan Tidak Terduga
6 Manfaat Luar Biasa Jengkol untuk Kesehatan Tidak Terduga

Meski baunya, ternyata jengkol memiliki berbagai manfaat tak terduga untuk kesehatan. Beruntung bagi orang yang menyukainya karena bukan hanya kelezatannya yang bisa didapat, tetapi juga ramuan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selanjutnya kami telah merangkum manfaat tak terduga jengkol untuk kesehatan dari berbagai sumber:

Cegah Anemia

Jengkol dapat mencegah anemia. Dengan kandungan zat besi yang tinggi, membuat jengkol berperan penting dalam mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh seseorang.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan produksi sel darah berkurang dan pasokan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh berkurang. Karena itu, Anda dapat memulihkan tubuh Anda dari anemia dengan mengonsumsi jengkol secara teratur.

Cegah Diabetes

Manfaat jengkol selanjutnya adalah bisa mengurangi kadar gula darah setelah makan. Ini menunjukkan bahwa jengkol dapat mencegah diabetes.

Tidak hanya mencegah terjadinya diabetes, jengkol juga dapat mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, jengkol memiliki kelenjar Langerhans yang bertanggung jawab untuk memproduksi hormon insulin dan berbagai hormon yang penting untuk mengatur gula darah dalam tubuh seseorang.

Cegah Penyakit Maag

Selain itu, jengkol juga memiliki manfaat dalam mencegah berbagai gangguan yang terjadi pada pencernaan. Salah satunya adalah mencegah penyakit maag. Jengkol dapat meningkatkan salah satu enzim yang memiliki peran sangat penting dalam melindungi dinding lambung dari luka yang disebabkan oleh asam lambung.

Mengatasi Sembelit

Selain itu, jengkol juga memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit, terutama pada wanita hamil. Ini terkait dengan kandungan serat jengkol, sehingga bisa mengatasi sembelit yang dialami ibu hamil.

Namun, pengaturan yang tepat dan konsumsi teratur diperlukan agar tidak menimbulkan efek buruk nantinya.

Memperkuat tulang dan gigi

Manfaat jengkol yang tak terduga untuk kesehatan lebih lanjut adalah dapat menguatkan tulang dan gigi. Ini tidak terlepas dari kandungan kalsium dan fosfor dalam jengkol.

Untuk membuat tulang dan gigi lebih kokoh dan mencegah plak rapuh dengan cepat, dibutuhkan dua bahan ini. Jadi, dengan mengonsumsi jengkol, tulang akan cenderung lebih kuat daripada orang yang tidak mengonsumsinya.

Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Jengkol bahkan dapat mencegah berbagai penyakit kronis yang berbahaya bagi tubuh. Ini karena jengkol mengandung antioksidan tinggi. Dengan begitu, mengonsumsi jengkol dapat mencegah tumbuhnya kanker, karena kandungan antioksidannya sangat tinggi dalam memerangi radikal bebas dalam tubuh.

Anda dapat menemukan berbagai antioksidan seperti polifenol, flavoniod, terpenoid, dan alkaloid dalam jengkol. Berbagai antioksidan yang dimiliki oleh Jengkol memiliki kemampuan melindungi tubuh dari bahaya penyakit jantung dan gangguan metabolisme lainnya.

Namun perlu diperhatikan lagi, jengkol harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Dengan begitu Anda tetap bisa menjaga kesehatan agar tidak terserang berbagai penyakit.

Leave a Reply