5 Manfaat Berenang di Trimester Ketiga Kehamilan

Berenang adalah jenis olahraga yang sangat dianjurkan untuk wanita hamil, terutama pada trimester ketiga. Latihan diyakini untuk mengurangi komplikasi penyakit selama kehamilan seperti preeklamsia. Berikut adalah manfaat sebagai berikut:

1. Melatih pola pernapasan ibu hamil

Berenang menyelamatkan banyak manfaat bagi tubuh dan mencakup banyak hal seperti fleksibilitas otot, membangun kekuatan dan membantu mengatur sistem pernafasan. Kolam ini juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan.

5 Manfaat Berenang di Trimester Ketiga Kehamilan
5 Manfaat Berenang di Trimester Ketiga Kehamilan

Anda bisa belajar banyak teknik pernapasan yang tepat, sehingga proses kelahiran itu mudah, karena mereka digunakan untuk mengontrol diri dengan irama yang benar napas. Bagi Anda yang tertarik untuk menjalani persalinan normal, rutinlah harus lakukan ketika memasuki ketiga kolam renang trimester.

2. Memperkuat sendi dan tulang belakang selama kehamilan

Selama kehamilan, tubuh memproduksi hormon yang disebut relaksin dan fungsi melemaskan ligamen dan menyebabkan rahim dan panggul mengembang. Selain itu, arteri yang berfungsi untuk menampung volume yang lebih tinggi dari darah ke dan melonggarnya sistem muskuloskeletal.

Kondisi ini menyebabkan wanita hamil rentan terhadap cedera sendi dan sakit punggung. Berenang adalah olahraga yang dapat membantu memecahkan masalah. Jadi risiko keseleo dan cedera lainnya dapat terminimalkan. Tekanan air saat berenang dapat mengurangi beban pada punggung Anda dan membuat Anda lebih rileks.

3. Mampu untuk bersantai tubuh dalam sebuah posting-berenang optimal

Saat hamil, tingkat pernapasan akan meningkat dan menyebabkan Anda mudah berkeringat. Hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan aliran darah dan tingkat metabolisme yang lebih tinggi selama kehamilan. Berenang mampu memberikan udara dingin pada tubuh Anda yang membuat tubuh kembali rileks dan tidur nyenyak setelah latihan. Bahkan, renang juga bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan di kaki, karena sistem darah mengalir lebih lancar.

4. Risiko rendah dari cedera selama trimester ketiga kehamilan

Kolam memiliki dampak yang rendah dan pada wanita hamil. Air mampu mencegah sakit maag dan mencegah cedera sering dikeluhkan oleh wanita hamil. Latihan ini mampu mendukung sendi dan ligamen selama latihan. Ini berarti bahwa renang ibu sangat membantu mengalami nyeri pada ligamen. Daya apung air dapat membuat Anda lebih mudah untuk memindahkan tubuh, sehingga sangat baik untuk latihan fleksibilitas pada wanita hamil.

5. Mampu meningkatkan sirkulasi oksigen pada janin

Mampu meningkatkan siklus oksigen antara lain, meningkatkan sirkulasi darah ke janin, meningkatkan utilisasi oksigen tubuh, memperkuat otot-otot besar di lengan dan kaki serta mengurangi ketidaknyamanan fisik selama kehamilan. Jadi secara alami, jika banyak wanita hamil, terutama mereka yang telah memasuki trimester ketiga, menikmati berenang olahraga, karena daya apung air dapat meredakan kembali ketegangan dan memungkinkan Anda untuk bergerak bebas tanpa beban.

Leave a Reply