7 Jenis Minuman Hangat Khas Indonesia Baik Untuk Kesehatan

Pada malam hari atau cuaca dingin karena hujan, paling nikmat memang menyeruput minuman hangat. Jika Anda bosan dengan teh atau kopi, Anda dapat mencoba minuman asli hangat untuk Indonesia. Berikut ulasannya:

1. Kopi Rarobang

Ambon bukan penghasil kopi, tapi Ambon dapat memodifikasi minuman kopi arabika menjadi lebih sehat dengan campuran rempah-rempah mudh ditemukan di Ambon.

Rempah-rempah yang terkandung dalam rarobang kopi, termasuk jahe, cengkeh, sereh dan kayu manis. Juga tambahkan gula secukupnya. Nah, yang membuat minuman ini spesial ditambah adalah ada taburan kenari di atasnya.

7 Jenis Minuman Hangat Khas Indonesia Baik Untuk Kesehatan
7 Jenis Minuman Hangat Khas Indonesia Baik Untuk Kesehatan

2. Wedang uwuh

Minuman hangat dari Jawa, sebagian besar ditemukan di daerah Yogyakarta. Wedang uwuh dalam bahasa Jawa berarti minuman sampah. Tentu saja tidak sampah nyata karena sampah di sini berarti daun atau rempah-rempah ke dalam bahan pembuatan.

Wedang uwuh cangkir kayu, serai, kapulaga, jahe, cengekh, kayu manis, pala, dan gula. Jangan terkejut dengan warna, ya. Minuman ini berasal dari warna kulit kayu secang kemerahan. Wedang uwuh diyakini untuk meningkatkan stamina.

3. Wedang Ronde

Wedang putaran minuman jahe dengan putaran ditambahkan di dalamnya. Kue ini bulat dalam bentuk globular berwarna-warni mengandung tumbuk kacang manis.

Awalnya, berasal bulat dari China. kue ini kemudian menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Di Jawa, bulat disajikan dengan sentuhan khas setempat. Wedang ronde juga diberi sepotong roti, kalng mondar-mandir dan taburan kacang.

4. Sekoteng

Di beberapa daerah yang mereka temui bisakamu sekoteng penjual menjual minuman ini menggunakan gerobak atau gerobak untuk membawa. Biasanya mereka pergi di malam hari.

Sekoteng adalah minuman khas Jawa Tengah. Minuman ini terbuat dari jahe begitu hangat dan baik untuk minum saat dingin. Di dalam sekoteng mangkuk yang kacang tanah, kacang hijau, roti, cincang, serta pacar Cina. Jangan lupa untuk menambahkan susu secukupnya manis.

5. Bajigur

Bahan utama hanya gula aren dan santan. Ada juga penjual yang menambahkan jahe dan mondar-mandir di dalamnya. Anda masih bisa menikmati bajigur saat bertemu dengan penjual mengambil gerobak dorong. Biasanya vendor ini juga menyediakan kentang rebus, kacang rebus dan pisang rebus sebagai pelengkap ke teman Anda sambil minum bajigur.

Bajigur sekarang juga dijual dalam bentuk kemasan instan. Anda hanya perlu untuk memanaskan air untuk minum.

6. Bandrek

Selain bajigur, Jawa Barat juga memiliki minuman panas populer bernama bandrek. Biasanya Bandrek juga dijual bersama-sama dengan bajigur. Bandrek juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit ringan, seperti pilek.

Bandrek terbuat dari jahe dan gula merah. Beberapa penjual menambahkan berbagai bahan lain, seperti serai, pandan, sampai telur ayam. Ada juga susu ditambahkan untuk minum ini.

7. Bir pletok

Namanya menyandang kata “bir,” tapi minuman asli Betawi sama sekali tidak beralkohol. Bir pletok sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

orang Betawi pertama ingin mencicipi bir, tetapi karena alkohol dan menyebabkan mabuk, mereka akhirnya menciptakan versi mereka sendiri bir sehingga menciptakan bir pletok bisa menghangatkan tubuh.

Minuman ini terbuat dari berbagai rempah-rempah, seperti jahe, serai, kayu manis, pala, adas manis, cengkeh, daun jeruk, kapulaga, lada, daun pandan, dan gula. Bir pletok juga menggunakan cangkir untuk menghasilkan warna merah untuk minuman.

Sekarang beberapa bisnis rumahan meproduksi bir pletok dan dikemas dalam botol. Bir pletok bisa dinikmati selain itu juga dapat menjadi hangat diminum saat dingin.

Leave a Reply