7 Salad Populer dari Berbagai Negara

Salad tidak hanya dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet atau menjalani diet sehat, tetapi juga sering dimakan sebagai hidangan pembuka atau pembuka. Biasanya, makanan sehat terdiri dari potongan sayuran atau buah-buahan, lalu disiram dengan berbagai saus saus.

Seiring waktu, persembahan salad dibuat dengan tambalan yang semakin beragam, dengan berbagai bahan tambahan, seperti keju parut, kacang, hingga biji-bijian yang sehat.

Seperti makanan khas, ternyata masing-masing negara juga punya hidangan salad sendiri, lho. Ya, tidak hanya Yunani dengan salad Yunani yang populer, tetapi masih ada banyak penawaran salad dari berbagai negara yang memiliki keunikannya sendiri, baik dari segi rasa maupun bahannya.

7 Salad Populer dari Berbagai Negara
7 Salad Populer dari Berbagai Negara

Apa saja jenis saladnya? Di sini, kumparanFOOD telah merangkum tujuh penawaran salad populer dari berbagai negara:

1. Cobb salad, Amerika Serikat

Amerika Serikat juga memiliki salad sehat yang lezat. Meskipun banyak jenis penawaran salad dapat ditemukan di negara ini, salad cobb adalah yang paling populer. Berbeda dengan salad pada umumnya yang ringan, salad cobb sepertinya menu utama yang begitu mengenyangkan.

Salad dari negara Paman Sam terdiri dari potongan ayam, alpukat, keju, telur, dan bacon. Dilaporkan oleh Grapevine, gagasan salad cobb muncul ketika penciptanya, Robert Howard Cobb, yang juga pemilik salah satu restoran di Hollywood, belum makan makanan untuk malam itu. Dia kemudian mencampur semua bahan yang tersisa di dapur, dan menciptakan hidangan salad ‘berat’. Hmmm, sepertinya kita tidak akan kelaparan lagi setelah memakannya, ya?

2. Larb, Laos

Jika salad identik biasanya dikonsumsi oleh vegetarian, sepertinya salad yang satu ini dibuat untuk pecinta daging. Ini adalah makanan khas Laos, salad larb yang terbuat dari daging cincang (biasanya menggunakan ayam atau babi), bawang merah, jus jeruk nipis, saus ikan, bubuk cabai, dan nasi ketan panggang.

Penambahan nasi ketan saja memberikan tekstur renyah untuk sajian salad, dan membuat semua bahan di dalamnya berbaur secara harmonis. Dan, biasanya, potongan mentimun dan selada dimasukkan sebagai penetralisir rasa pedas dari rempah-rempah dan rempah-rempah.

3. Salad kacang hitam, Meksiko

Terdiri dari campuran kacang hitam, biji jagung, alpukat, tomat, dan bawang putih, salad kacang hitam tidak hanya dapat dimakan sebagai hidangan pembuka, tetapi juga sering digunakan sebagai saus saus, atau dimasak sebagai isian dari tostadas – camilan Meksiko terbungkus tortilla kulit. Rasanya sangat ringan dan menyegarkan, sehingga sangat cocok untuk dinikmati ketika musim panas tiba.

4. Israel, Israel

Juga dikenal sebagai ‘salad Arab’, hidangan ini terdiri dari potongan sayuran seperti tomat, mentimun, bawang putih, dan paprika. Sayuran dipotong dalam ukuran kecil, bahkan banyak yang bersaing untuk memotong dalam ukuran terkecil. Untuk menambah kesegaran rasanya, balutan jus lemon dan minyak zaitun juga ditambahkan, atau saus yang terbuat dari yogurt. Selain dimakan sebagai menu pembuka, salad Israel juga sering digunakan sebagai isian sandwich.

5. Wortel dan salad jeruk, Maroko

Ketika biasanya salad dibuat dari kombinasi berbagai bahan, itu berbeda dari kasus wortel Maroko dan salad jeruk. Sesuai namanya, salad ini hanya menggunakan irisan wortel yang diiris tipis dan jeruk pusar segar. Kemudian, kedua bahan tersebut dicampur dengan jus jeruk dan air lemon. Kedengarannya sangat menyegarkan, ya?

6. Gado-gado, Indonesia

Yah, tentu saja Anda terbiasa dengan hidangan yang satu ini, kan? Hidangan khas nusantara ini terdiri dari berbagai macam sayuran, mulai dari selada, tomat, kacang panjang, kentang, dan tauge. Selain sayuran, lauk pauk ditambahkan, seperti tahu, tempe, dan telur rebus. Campuran sayuran dan protein kemudian disiram dengan saus kacang lezat sebagai saus. Emmm  Lezat!

7. Fiambre, Guatemala

Di Guatemala, salad tidak hanya dimakan sebagai menu pembuka, tetapi juga wajib untuk pemakaman. Penduduk Guatemala memiliki tradisi makan salad sambil merayakan Hari Kematian setiap tahun.

Salad fiambre itu sendiri terdiri dari sekitar 50 jenis bahan yang disajikan dingin. Resep dari salad fiambre sangat beragam, dan setiap keluarga biasanya memiliki resepnya sendiri. Namun, biasanya jenis bahan yang digunakan meliputi sosis, jagung, bawang putih, bit, bunga pacaya, keju, zaitun, dan daging ayam.

Leave a Reply