7 Jenis Bahan Dapur Yang Dapat Digunakan Sebagai Saus Salad

Selain buah-buahan, sayuran sering dipilih sebagai menu makan gaya hidup sehat. Untuk menikmatinya, sebagian besar orang akan mengolahnya menjadi aneka camilan lezat, salah satunya adalah salad.

Ya, disajikan segar, lengkap dengan saus atau dressing yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan rempah-rempah, salad menjadi hidangan lezat, mudah diproses dan tentu saja sehat. Tidak hanya menggunakan dressing minyak zaitun, lapor Boldsky, ternyata ada beberapa bahan dapur yang bisa dijadikan pilihan salad dressing lainnya. Saus apa? Inilah ulasannya:

7 Jenis Bahan Dapur Yang Dapat Digunakan Sebagai Saus Salad
7 Jenis Bahan Dapur Yang Dapat Digunakan Sebagai Saus Salad

1. Mustard

Rasa mustard pedas dan manis cocok dengan salad. Ya, dengan rasa yang kuat, saus kuning cerah ini akan memberi sensasi berbeda dengan hidangan salad Anda. Campurkan sayuran segar seperti selada, mentimun, dan daging irisan dengan 2-4 sendok mustard.

2. Saus tomat

Sering digunakan sebagai burger dan topping hot dog, saus tomat rupanya juga lezat dipadukan dengan salad. Tidak hanya memberikan sensasi berbeda, saus tomat juga tinggi vitamin C dan antioksidan yang baik untuk menjaga sistem metabolisme tubuh. Untuk menambah rasa, tambahkan sedikit bubuk bawang putih dan paprika ke dalam campuran saus.

3. Mayones

Sudah menjadi rahasia umum, mayones adalah salah satu jenis saus yang cocok dengan semua makanan, termasuk salad. Ya, dengan tekstur yang lembut, dan rasa yang creamy, mayones dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menyantap salad dengan rasa yang unik.

4. Saus barbekyu

Anda juga bisa menggabungkan saus barbeque dengan hidangan favorit Anda, lho. Campurkan 4 sendok barbeque ke dalam campuran sayuran. Tambahkan potongan ayam, daging, keju, dan taburan lada hitam untuk membuatnya terasa lebih enak.

5. Cuka balsamik

Cuka balsamic adalah bahan lain yang dapat digunakan sebagai saus salad yang lezat dan sehat. Letakkan 2 sendok makan cuka balsamic di permukaan salad, lalu aduk hingga rata. Untuk menyeimbangkan rasa, tambahkan sedikit roti panggang, almond, buah-buahan atau kismis ke salad buatan Anda.

6. Salsa

Jenis saus berikutnya adalah salsa. Berasal dari Meksiko, saus sehat yang terbuat dari irisan tomat, bawang merah, dan cabai ini dijamin akan menambah kelezatan salad Anda. Bagi Anda yang terlalu panas, kurangi jumlah cabai, dan tambahkan separuh tomat secukupnya. Jika diinginkan, tambahkan irisan alpukat untuk membuatnya terasa lebih enak.

7. Saus cabai

Meskipun tidak biasa digunakan sebagai saus salad, tidak ada yang salah dengan menambahkan saus cabai ke saus salad. Namun sebelum mencampurnya, tambahkan sedikit lada hitam, bubuk oregano dan bubuk paprika untuk memperkaya rasanya.

Leave a Reply