5 Tanda Stres Kerja Yang Mempengaruhi Kesehatan Fisik

Pekerjaan yang tidak sesuai dengan hasrat Anda tidak baik. Rasanya, apa pun yang dilakukan menjadi terpaksa. Pada akhirnya, Anda menjadi stres dan ingin segera mengundurkan diri dari kantor.

Ternyata, stres kerja bisa memengaruhi kesehatan fisik tubuh, lho. Menurut Jeffrey Pfeffer, seorang profesor psikologi di Stanford Graduate School of Business, stres terkait pekerjaan menyumbang 120 ribu kematian setiap tahun dari seluruh dunia. Wow!

5 Tanda Stres Kerja yang Mempengaruhi Kesehatan Fisik
5 Tanda Stres Kerja yang Mempengaruhi Kesehatan Fisik

Lalu, apa ciri-ciri stres kerja yang memengaruhi Anda secara fisik? Berikut penjelasannya seperti dikutip oleh Huff Post.

1. Anda tidak bisa tidur

Salah satu alasan tidak bisa tidur adalah banyak pikiran. Yah, mungkin, karena Anda terlalu banyak berpikir tentang pekerjaan, seperti menyusun rencana kerja atau melaporkan untuk besok.

Jika hanya satu hari terjadi, itu tidak masalah. Tetapi jika itu terjadi setiap hari, Anda harus waspada. Bisa jadi, stres karena bekerja.

2. Anda sering mengalami sakit kepala

Stres kerja bisa membuat Anda sering mengalami sakit kepala. Ini karena otot-otot di kepala tegang. Tidak hanya sakit kepala, Anda juga bisa mendapatkan migrain, sakit leher dan bahu.

3. Sakit badan

Stres akibat bekerja juga dapat ditandai dengan seringnya merasa sakit di semua persendian. Jika tambalan telah menjadi teman terbaik Anda, bersama dengan salep yang meredakan nyeri otot, itu adalah barang wajib untuk pergi ke kantor, mungkin Anda bosan dengan pekerjaan Anda.

4. Anda sering sakit

Jika Anda sering terserang flu, cobalah memeriksanya lagi, lagi pula, mungkin, rasa sakit Anda adalah akibat pusing memikirkan pekerjaan sampai memicu stres. Jangan diremehkan, Anda tahu, stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dan Anda mudah sakit.

5. Perut Anda sering sakit

Apakah buang air besar tidak lancar, sering kembung, atau bahkan mulas setelah bekerja? Anda mungkin stres di tempat kerja. Coba perhatikan pola sakit perut yang menimpa Anda. Jika mendekati hari kerja, itu mulai terasa sakit, mungkin Anda sedang stres di tempat kerja.

Intinya, Anda harus lebih memperhatikan, ya, sama dengan kesehatan tubuh Anda dan jangan melakukan diagnosa sendiri. Lebih baik, jika Anda mulai merasakan keluhan, pergi saja ke dokter, kan?

Leave a Reply